Cara Membuat Anak Nyaman Tanpa Kata-kata Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Cara Membuat Anak Nyaman Tanpa Kata-kata”, https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/03/121900420/cara-membuat-anak-nyaman-tanpa-kata-kata

ituberita – Ketika si kecil sedang sedih, kesepian, atau berkecil hati, sebagai orangtua kita perlu menemukan kata yang tepat untuk mengembalikan semangatnya. Dan kita bisa melakukannya tanpa kata-kata.

Bahasa tubuh yang membuatnya hangat (secara harafiah) bisa menjadi cara terbaik untuk membuatnya merasa dicintai dan dilindungi.

Di bawah sadar, manusia mengasosiasikan kehangatan fisik dengan kehangatan emosi. Kaitan ini membawa mereka kembali ke masa awal kehidupan di dunia, saat bayi merasa hangat dalam dekapan orangtuanya.

Para ahli menyebut ikatan penuh cinta itu sebagai kelekatan yang aman. Bayi yang “tangki emosinya” terisi penuh juga akan memiliki hubungan yang dekat dan penuh rasa percaya di usia dewasa.

“Walau kita tidak punya ingatan sedang disusui atau dipeluk saat bayi, respon positif dan perasaan hangat itu terekam dalam memori otak,” kata John Bargh Ph.D, profesor psikologi dari Universitas Yale.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengembalikan mood anak, walau tanpa mengucapkan kata-kata penyemangat:

– Menyediakan makanan hangat

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan kaitan antara tubuh dan pikiran. Dalam hal ini, minum atau memakan sesuatu yang hangat bisa mengubah suasana hati menjadi lebih ceria. Penelitian juga menunjukkan, orang yang diminta memegang mangkuk atau cangkir hangat ternyata memiliki perasaan yang juga lebih bahagia dibanding yang memegang cangkir berisi air dingin.

– Memeluk

Para pakar saraf menemukan ada bagian otak yang disebut insula akan aktif saat merespon perbuatan baik dan kehangatan. Misalnya saja saat kita ngobrol dengan sahabat dekat, menelepon orangtua, atau duduk berdekatan dengan orang terkasih.

– Mengungkapkan perasaan

Terkadang yang kita butuhkan saat sedang tidak bersemangat adalah berada dekat dengan orang tercinta. Demikian juga dengan anak-anak. Mungkin mereka tidak akan langsung bercerita apa yang dirasakannya, tapi mengetahui bahwa orangtuanya ada di dekatnya akan membuatnya tenang. Cukup berikan pelukan dan katakan Anda mencintainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *