Pahamilah, Kenapa Usaha Turunkan Berat Badan Kerap Gagal

ituberita – Jika kita berusaha menjadi lebih bugar, lebih kuat, lebih ramping, dan lebih sehat, terlalu mudah untuk menyalahkan diri sendiri saat suatu hari kita tergoda mencicipi makanan berlemak atau malas berolahraga.

Kadang-kadang kita memang tergoda untuk memesan burger, ketimbang salad, atau lebih memilih menonton televisi daripada berolahraga.

Sebenarnya, ini hal yang wajar dan tidak terlalu membuat usaha kita sepenuhnya gagal.

Anna Rhode, seorang pelatih pribadi mengatakan, semua tentang berpikir jangka panjang dan mengembangkan konsistensi secara keseluruhan.

Terlebih lagi, jika kita mencoba untuk melakukan diet ekstrem dengan berhenti total mengonsumsi semua makanan yang benar-benar disukai, dan lalu berolahraga setiap hari.

Cara seperti ini tidak akan bisa kita jalani dengan konsisten.

Lalu, sebenarnya apa yang membuat usaha menurunkan berat badan gagal?

Anna Rhode, dalam artikel di laman the Independent, mengatakan, usaha menurunkan berat badan akan gagal jika kita konsisten makan dalam porsi besar, terlalu banyak makan di luar, dan terlalu banyak lembur.

“Mungkin ada banyak hal kehidupan yang terjadi, acara kerja, pindah rumah, apa pun itu.”

“Tapi tidak adanya keraguan untuk banyak makan di luar, atau mengonsumsi makanan olahan, akhirnya hanya menyebabkan kelebihan kalori,” paparnya. Selain itu, terlalu banyak minum alkohol juga bisa membuat diet gagal, karena alkohol mengandung kalori.

Ini juga membuat kita memilih makanan yang tak sehat, terutama jika kita merasa pusing dan lelah, maka tubuh selalu menginginkan makanan tinggi gula untuk mengatasinya.

Gaya hidup pasif juga bisa menjadi penyebabnya. Menurut dia, jika kita menghabiskan beberapa bulan terakhir duduk di meja, di kereta api, di mobil atau di sofa, maka kita hanya menghabiskan sedikit energi.

Hal inilah yang membuat lemak semakin menumpuk.

Anna Rhodes juga mengatakan, dia sering melihat orang-orang menjadi kesal karena pertambahan berat badan yang mereka alami.

Padahal kenyataannya, penyebab naiknya berat badan karena kebiasaan makan larut malam, terlalu banyak mengonsumsi garam, stres, kelelahan, sembelit, retensi air, dan hormon.

Ada beberapa hal, menurut Anna Rhode, yang bisa kita lakukan mencegah naiknya berat badan.

Mencoba beberapa hari saja untuk libur dari olahraga, makan lebih banyak, dan tidak banyak bergerak bisa menjadi solusi.

Tapi, di hari lainnya kita harus tetap berusaha untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Jadi, mencoba untuk melakukan beberapa hal yang cenderung menggagalkan tujuan kita sebenarnya bukan masalah besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *